Latest News

Friday, May 11, 2018

Agen Properti Ternyata Bisa Pengaruhi Harga Jual Properti Lewat Penampilan

Agen properti ternyata bisa pengaruhi harga jual properti lewat penampilan. Fakta ini terkuak setelah sebuah riset memaparkan bahwa agen properti yang berpenampilan menarik (cantik atau tampan) dapat memengaruhi harga properti yang dijualnya.

Agen Properti

Manfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian maupun penjualan properti Anda. Ada banyak pilihan mulai dari agen properti dengan spesialisasi kawasan yang memahami perkembangan hingga pergerakan harga pada area spesialisasinya, agen properti dengan spesialisasi apartemen, dan lain sebagainya.

Hasil penelitian yang dilakukan Universitas New South Wales, Australia, memperlihatkan, terjadi perilaku bias dalam pembelian properti yang dijual agen berpenampilan menarik. Riset ini menyatakan, harga properti yang dipasarkan agen properti berpenampilan menarik bisa lebih tinggi 2,3% atau lebih tinggi ribuan dolar.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa tingkat daya tarik dari agen real estat mampu meningkatkan nilai properti yang mereka jual dan membuatnya lebih menarik bagi pembeli,” kata peneliti dan dosen senior Business School, Robert Tumarkin.

Studi ini sendiri dilakukan dengan metode mencocokkan foto-foto agen properti dan dibandingkan dengan penjualan properti yang telah mereka hasilkan. Hasilnya, agen properti berparas menawan mencapai penjualan dengan harga yang cukup signifikan.

Menurutnya, hal ini merupakan ‘efek halo’ dimana kesan terhadap seseorang dapat memengaruhi penilaian orang lain. Dalam kaitannya dengan properti, agen properti yang cantik atau tampan dapat mendistorsi penilaian pembeli terhadap nilai sebenarnya dari properti yang dijual.

Sebuah studi yang dilakukan di AS pada 2013 juga menemukan, berdasarkan komisi agen dan keuntungan yang dihasilkan dari kenaikan harga jual properti, penampilan yang menarik mampu meningkatkan penghasilan seorang agen properti.

Frank Mixon, Profesor Ekonomi di Turner College of Business, Columbus State University yang melakukan penelitian ini mengatakan, dia tidak terkejut dengan temuan tersebut. Namun menurutnya, penampilan fisik hanya menjadi nilai tambah ketika agen pesaing memiliki kemampuan menjual yang sama.

Itulah sedikit pemaparan hasil riset tentang agen properti ternyata bisa pengaruhi harga jual properti lewat penampilannya.

No comments:

Post a Comment

IBX5B037FEAA457C